Candi Penataran (masih di Blitar)

Jika sudah di Blitar, sempatkan pula mengunjungi Candi terbesar dan terluas di Jawa Timur ini. Yah, Candi Penataran. Candi yang terletak di Desa Penataran Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar ini kebetulan searah dengan makam Bung Karno. Tak salah karena terletak di Desa Penataran itulah candi ini lebih populer dengan nama Candi Penataran ketimbang nama aslinya Candi Palah.

Pintu gerbang candi dijaga oleh 2 arca raksasa berwajah menyeramkan. Namun anda tidak perlu takut, karena walaupun sangat menyeramkan toh tidak bisa kemana-mana (namanya juga arca).

Berikutnya akan kita jumpai tanah lapang (seperti bekas sebuah bangunan) yang memiliki 4 umpak (berupa batu yang dipakai untuk alas tiang bangunan tempo doeloe).

Lanjut ke bangunan berikutnya, terdapat bangunan yang sangat unik. Bentuknya semacam panggung dari tanah yang tinggi dengan pondasi dari batu ber-relief. Tak salah jika selanjutnya bangunan ini disebut Bale Agung.

Setelah melewati Bale Agung, selanjutnya kita akan jumpai sebuah candi yang kecil, dan tinggi. Dari segi bentuk, candi ini sangat semprna. Memiliki kaki candi, badan candi dan kepala candi. Di bagian pintu (bagian atas ) tertuliskan sebuah angka tahun (mungkin tahun dibuatnya candi ini), sehingga candi ini disebut Candi Angka Tahun.

Bagus banget yah? Selain memiliki kesempurnaan (dari kaki candi sampai kepala candi tadi), Candi Angka Tahun juga memiliki ruangan di dalamnya. Meskipun tidak begitu luas, tapi cukup untuk meletakkan sesaji-sesaji dan dupa-dupa peribadatan pada masanya.

Selain itu masih ada bangunan indah dan unik lainnya, yakni Candi Naga. Tau dong kenapa di sebut candi naga? Bener banget. Candi ini disebut dengan Candi Naga, karena bangunan candi ini dikelilingi oleh ular naga. Eeh…jangan takut dulu. Ular naga yang mengelilingin bangunan candi ini hanya berupa relief saja kok.

Nah setelah melewati Candi Naga, baru deh kita sampai ke Candi Induk. Sesuai namanya, candi ini memiliki ukuran yang paling besar (jika dibandingkan dengan candi angka tahun dan candi naga). Memiliki 2 pintu masuk di bagian kiri dan kanan bangunan, dan masing-masing pintu dijaga oleh arca raksasa yang menyeramkan lengkap dengan senjata di tangannya.

Sampai diatas, masih ada lagi satu tangga menuju puncak teratas candi. Tangga ini berada ditengah-tengah bangunan candi. Di puncak candi sendiri berupa pelataran berbentuk persegi dengan lantai dari batu andesit. Dari sini kita bisa menikmati seluruh kompleks candi.

Itu tadi sekilas tentang Candi Penataran. Sebelum pulang, anda bisa membeli cindera mata yang banyak di jual oleh penduduk sekitar candi. Ada yang menurut saya paling unik yakni jaran kepang. Tau kan? Itu lho kuda-kudaan yang terbuat dari anyaman bambu.

 

Categories: Wisata | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Candi Penataran (masih di Blitar)

  1. nur'aini

    di bagian belakang kompleks candi juga ada kolam yang isinya ikan. disana udaranya sangat sejuk karena pohon-pohonya yang rindang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: