Borobudur (Maha Karya Yang Luar Biasa)

Pernah menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia, dan merupakan warisan budaya dunia yang diakui oleh Unesco.  Itulah Borobudur, candi Budha terbesar di Indonesia. Lokasinya sendiri masuk wilayah Kota Magelang Jawa Tengah. Berdiri megah di atas sebuah bukit, dan memiliki lebih kurang 1460 relief dan 504 stupa dan memiliki bentuk punden berundak 9 tingkat dengan 1 stupa induk di bagian paling atas (berarti 10 tingkat dong).

Dari areal parkir ke areal candi, tergolong sangat jauh. Setelah membayar karcis tanda masuk, kita diwajibkan memakai kain batik sebelum masuk ke candi. Ga perlu bingung, karena di sana ada pos yang menyediakan kain batik yang nantinya akan kita kenakan tanpa dipungut biaya (gratis). Tapi nanti sesudah selesai harus dikembalikan lagi kepada petugas hehehehe.

Untuk lebih mengetahui secara detail mengenai Candi yang termasyur ini ada baiknya anda menyewa jasa guide yang ada di sana. Sang guide pun dengan senang hati membawa anda ke zaman doeloe sesuai dengan relief-relief yang ada di dinding-dinding candi secara berurutan.

Singkatnya Candi Borobudur yang dibangun oleh Samatungga sekitar tahun 750 – 842 M ini memiliki 3 bagian utama yakni Kamadhatu (bagian kaki candi yang menggambarkan bahwa dunia masih dikuasai oleh nafsu), Rupadhatu (lantai 3 s/d lantai 6) yang menggambarkan bahwa manusia sudah bisa terlepas dari nafsu tetapi  masih terikat oleh rupa/bentuk, dan Arupadhatu (lantai 7 s/d lantai 9) yang dindingnya tidak ber-relief yang berarti tidak berupa, serta bagian ter-atas yang melambangkan nirwana tempat sang Budha bersemayam.

Puas berkeliling candi, kita bisa melihat kawanan gajah yang ada di areal sekitar candi, naik “sepur kelinci”, atau naik andhong berkeliling kawasan candi. Jalan pulang pun kita akan melewati “pasar obat nyamuk” yang melingkar-lingkar penuh oleh pedagang menawarkan makanan dan oleh-oleh khas Borobudur. Ada beberapa cindera mata yang unik, yakni berupa wayang kulit atau wayang kulit.

Syala …la..la..la..la… Borobudur tercinta

 

Categories: Wisata | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: