Candi Surowono

Candi Syiwa ini berada di desa Canggu Pare Kediri Jawa Timur.  Meskipun sama-sama candi, tetapi Candi Surowono berbeda dengan Candi Prambanan atau Borobudur, baik dari segi keindahan maupun ukurannya. Candi Surowono ini berlokasi di pinggir jalan desa sehingga sangat mudah untuk dijangkau.

Bagian depan candiStruktur Candi Surowono terbuat dari batu andesit dengan denah bujur sangkar menghadap ke barat. Namun sayang saat ini bangunan candi hanya menyisakan bagian kaki candi yang memiliki ketinggian sekitar 3 M. Sedangkan bagian badan candi sudah tidak adalagi.

Meskipun demikian, candi ini tetap saja memiliki keunikan tersendiri. Karena masih menyisakan relief-relief yang jelas di bagian yang tersisa. Dari relief yang ada menggambarkan cerita arjuna wiwaha, bubhuksah, gagang aking, dan sri tanjung. Keunikan lainnya terdapat pada keempat sudut, karena terdapat relief raksasa gana sedang berjongkok dengan tangan menyunggi ke atas.

Sementara tak jauh dari candi terdapat sisa-sisa atau puing-puing badan candi yang tersusun berjajar, tepatnya di sebelah selatan candi. Puing-puing yang berupa bongkahan batu andesit tersebut juga menjadi bagian dari keberadaan candi Surowono itu sendiri.

Di areal candi juga dilengkapi dengan pos lengkap dengan petugas jaganya. Untuk masuk ke areal candi tidak dikenakan tarif khusus, tetapi sukarela. Tentu saja retribusi tersebut sangat berguna untuk menjaga kelestarian candi tersebut.

Categories: Wisata | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: