Misteri Anak Gunung Kelud

Gunung Kelud yang berada di perbatasan Kabupaten Kediri dengan Kabupaten Blitar Jawa Timur ini memang memiliki keindahan sekaligus keunikan tersendiri. Bagaimana tidak, kawah yang biasanya berisi air kawah tiba-tiba saja berubah menjadi batu dan pasir hitam. Inilah yang selanjutnya disebut anak Gunung Kelud.

Anak Gunung Kelud

Untuk melihat keindahan dan keunikan anak gunung kelud tersebut, terlebih dahulu kita harus melewati sebuah terowongan sepanjang lebih kurang 110 m. Konon terowongan ini dibangun sejak zaman penjajahan Belanda, tapi sudah mengalami berbagai renovasi.

Tak jauh dari ujung terowongan inilah kita bisa menyaksikan langsung anak Gunung Kelud yang unik tersebut. Dari sini juga terdapat tangga turun menuju dasar anak gunung. Dulunya tangga ini dipakai untuk menuju danau kawah gunung Kelud.

Jika belum puas, bisa juga kita melihat anak Gunung Kelud dari puncak Gunung Kelud itu sendiri. Gunung Kelud memang memiliki beberapa puncak, seperti puncak sumbing, puncak gajah mungkur, dan pringgondani.

Puncak sumbing berdiri terjal dan sangat cocok untuk panjat tebing, sedangkan puncak gajah mungkur adalah puncak yang banyak didaki pengunjung, karena untuk menuju puncak gajah mungkur pengunjung bisa menaiki ratusan anak tangga yang sudah tersedia.

Di atas puncak gajah mungkur juga terdapat sebuah gardu pandang yang bisa kita manfaatkan untuk beristirahat sembari menikmati keindahan Gunung Kelud beserta anaknya.

Puas menikmati keindahan Gunung dan anaknya, kita bisa menuju sumber air panas Bladag. Untuk menuju ke sana, kita harus menuruni ratusan anak tangga dengan pemandangan hijau di kiri kanannya. Konon air panas ini muncul setelah munculnya anak gunung kelud.

Sangat indah bukan. Jika ada waktu, sempatkan deh mampir dan menyaksikan keindahan Gunung Kelud dengan semua fenomenanya!

About these ads
Categories: Wisata | Tags: | Tinggalkan komentar

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: